Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba Cukup dari Rumah Aja

Photo by Simon Abrams on Unsplash

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia kemarin mengubah kebiasaan hidup hingga ke semua aspek termasuk dari segi bisnis. Dikutip dari Shopify dan Beautynesia, berikut ide-ide bisnis yang bisa kamu mulai dari rumah.

1. Membuat Merek Pakaian Sendiri

Jika kamu adalah tipikal orang yang kreatif dan punya sejumlah desain sendiri untuk direalisasikan, kamu bisa mulai mendirikan bisnis pakaianmu mulai dari nol. Tentu, selain menentukan produk, kamu harus jelas dulu mengenai pasar dan audiens yang menjadi sasaran penjualan produk tersebut.

Setelahnya, kamu bisa mencari konveksi untuk memproduksi produk yang akan kamu jual itu, baik secara offline maupun melalui Instagram atau Facebook. Terakhir, kamu tinggal memastikan produkmu dipromosikan dengan benar dan baik di pasaran.

2. Bisnis Dropshipping

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Mediamodifier

Kalau bisnis yang sebelumnya mengharuskanmu untuk memiliki banyak ruang agar produk bisa disimpan dengan baik, kamu bisa memulai bisnis sebagai dropshipper. Pelaku bisnis ini tentu nggak akan bingung soal masalah stok hingga pengemasan karena sudah menjadi tanggung jawab pemasok.

Tidak adanya gudang penyimpanan ini bukan hanya akan membantu menghemat modal—karena tidak perlu sewa ruang penyimpanan, tetapi juga membuatmu lebih leluasa bekerja dari mana saja. Selain di rumah, kamu bahkan bisa bekerja sambil nongkrong cantik di kafe estetik langganan.

3. Menjadi Penulis, Desainer, atau Pengembang Aplikasi Lepas

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Andrew Neel

Ide bisnis yang satu ini bisa dibilang tidak memerlukan modal sama sekali kalau kamu sudah memiliki keahlian di bidang ini. Sebagai pekerja lepas, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu itu untuk membantu banyak orang mengerjakan proyek-proyek yang tidak ingin atau tidak mampu mereka kerjakan sendiri.

Ada banyak pekerjaan dan proyek yang bisa kamu pilih sendiri, tentunya. Jika kamu ingin bekerja lebih santai, kamu bisa memilih pekerjaan dengan tempo yang pendek. Namun, jika ingin lebih cuan, tentu, kamu harus siap mengambil proyek-proyek besar yang tempo dan tanggung jawabnya lebih besar.

4. Mengajar Kursus Daring

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Chris Montgomery

Mengajar kelas daring juga merupakan ide bisnis yang membutuhkan modal nol rupiah. Yang kamu perlukan hanyalah kemampuan untuk membuat video yang menjelaskan mengenai topik yang kamu kuasai dan memublikasikannya di situs web atau akun media sosial personal.

Kamu juga bisa membuat video tutorial mengenai hal-hal yang sifatnya di luar akademis, misalnya cara membuat makanan atau cara menyulam pakaian. Jika kontenmu itu populer, kamu bisa mendapatkan cuan dari videomu tersebut.

5. Memulai Blog

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Microsoft Edge

Blog telah melalui banyak perubahan sejak awal kemunculannya. Blog yang dulunya hanya menjadi wadah jurnal virtual, kini telah berubah menjadi alat pemasaran dan bisa mendatangkan cuan bagi pemiliknya.

Melalui sebuah blog, kamu bisa mendapatkan cuan mulai dari memposting konten bersponsor, memberi ruang bagi pengiklan pihak ketiga, atau menjual produkmu sendiri. Kunci agar blogmu bisa sukses adalah fokus untuk membangun dan memikat audiensmu dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *