Kementerian Kominfo berkomitmen untuk mendorong digitalisasi dan literasi digital di kalangan pelaku UMKM

SIARAN PERS NO. 542/HM/KOMINFO/12/2023

Kementerian Komunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi, atau Kementerian Kominfo terus meningkatkan digitalisasi UMKM usaha mikro, kecil, dan menengah serta meningkatkan literasi digital di kalangan pelaku UMKM. Hal ini terbukti dari upaya Kementerian menyelenggarakan forum diskusi kelompok FGD bertajuk Peluang dan Tantangan Sosial Perdagangan dalam Ekonomi Digital di Semarang pada 6 Desember 2023.

FGD dihadiri oleh beberapa ahli, termasuk Wakil Direktur Kementerian Usaha Kecil dan Menengah dan Koperasi, Hanung Harimba Rachman, Direktur Perdagangan dan Jasa Elektronik Kementerian Perdagangan, Rifan Ardianto dan Roy Anang Wibisono, pemilik usaha kecil. Menurut SAM Wijaya Kusumawardhana, digitalisasi UMKM dapat membantu menganalisis tren pasar dan interaksi pelanggan untuk meningkatkan perencanaan produk dan pemberian layanan.

Pada tahun 2024, Kemenhub akan berkoordinasi dengan 10 kantor wilayah untuk mengimplementasikan Roadmap Transformasi Digital untuk UMKM. Peta jalan akan fokus pada tiga bidang utama digitalisasi, pemasaran digital, dan keuangan digital. Kementerian juga akan memberikan pelatihan dan dukungan kepada pelaku UMKM untuk membantu mereka mengadopsi teknologi digital dan meningkatkan kemampuan digital mereka.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi atau Kementerian Kominfo berkomitmen untuk mendorong digitalisasi dan literasi digital di kalangan pelaku UMKM. Kementerian menyadari pentingnya digitalisasi dalam pertumbuhan dan perkembangan UMKM, dan bekerja untuk memberikan dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk membantu pelaku UMKM mengadopsi teknologi digital dan meningkatkan kemampuan digital mereka.

Berita ini dikutip dari Sumber: http://www.kominfo.go.id/content/detail/53425/siaran-pers-no-544hmkominfo122023-tentang-manfaatkan-peluang-kominfo-dorong-pelaku-umkm-berjejaring-lewat-platform-digital/0/siaran_pers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *