SKRNG! Ajak Pemuda Berdansa Liar Di District Dago

(Band Ska Punk asal Kota Bandung, SKRNG! pecahkan suasana penikmat musik SoundXVoria di District Dago, Minggu Malam (25/2/2024)/ Heru Muthahari)

Minggu malam (25/2/2024) seakan menjadi panggung spesial bagi SKRNG! dalam gelaran musik bertajuk “SoundXVoria” yang diusung Amubabdg di District Dago. Mereka berhasil memukau penikmat musik dengan penampilan panggung yang memacu adrenalin kalangan muda. SKRNG! Ajak Pemuda Berdansa Liar Di District Dago.

(Permainan Saxophone SKRNG!, Andi Cakcak dalam gelaran SoundXvoria)


Band yang beraliran (genre) ska punk itu seakan menggebrak suasana yang sebelumnya sempat hening menjadi hingar bingar. Penggunaan efek distorsi gitar, alunan saxophone, iringan rhythem berciri khas ska (sinkopasi), dan ketukan drum yang energik seakan menyedot perhatian pengunjung ke pusat panggung untuk berdansa liar, dengan gerakan badan membungkuk, tangan menyiku digoyongkan kedepan-kebelakang secara bergantian, kaki mengangkat, dan menggelengkan kepala.

(Aksi penikmat musik dari kalangan muda)


Tak hanya berhasil memecahkan suasana, SKRNG! juga mengajak penonton untuk menyanyi bersama saat mengcover lagu “Positive Mental Attitude” dari band Ska legendaris asal Jepang, Kemuri. Dalam pentas saat itu, SKRNG! menyuguhkan lima lagu kepada penonton. Salah satu diantaranya yakni single mereka berjudul “Take My Hand” featuring Faizal Permana dari 510.

(Penampilan Faizal Permana, 501 dalam Single Lagu “Take My Hand” dari SKRNG!)


“Perubahan SKARANGSKA menjadi SKRNG! memang mengusung konsep perubahan bukan sekedar pergantian nama. Namun juga dari konsep musik, dan aransemen dengan wajah baru,” ujar sang vokalis SKRNG!, Rasidan dan Prass (gitaris) kepada HIPPMI.

(Aksi duet maut vokalis SKRNG! (Rasid) dan Gitaris SKRNG! (Prass))


Selain SKRNG!, sejumlah band tamu lainnya yakni Twinkle And Bad Face, Goco Lowdick juga turut memeriahkan suasana pertunjukan tersebut. Para bintang tamu itu juga berhasil mengajak penonton untuk bernyanyi bersama dalam pertunjukan.

(Goco Lowdick berinteraksi dengan suguhan lagu akustik)


“Saya berharap ke depannya, acara musik ini bisa menampung lebih banyak genre atau aliran band,” ungkap Arief Goco.
Arief Goco mengapresiasi gelaran musik tersebut. Menurutnya, kegiatan itu menjadi media musisi-musisi di Kota Bandung untuk berekspresi dalam hal yang positif.

(Twinkle and bad Face bernyanyi bersama penonton)

Aksi Unjuk Kebolehan Band Indie Muda
Sementara itu, beberapa band yang notabene terbilang baru terbentuk juga turut memeriahkan “SoundXVoria” dengan suguhan cover-an dan lagu ciptaan mereka. Sejumlah band itu yakni, Bettersuck, Set It Off, Naiysis dan Peacetone. Mereka mampu membawakan lagu-lagu cover yang membuat suasana District Dago semakin hangat. Bahkan diantara mereka ada yang membawakan single lagunya sendiri.

(BetterSuck)


“Sebetulnya band BetterSuck ini berdiri belum lama sih, sekitar bulan Agustus 2023. Kebetulan single yang pertama ini sedang proses dan akan diusahakan beres sebelum hari-H acara, kami akan mendedikasikan single lagu pertama ini buat Palestina.” ujar Chew dan Tom personil Bettersuck.
Hal serupa juga disampaikan Set it Off, Band itu sendiri berawal dari sekumpulan personil berbeda band yang menjadi satu dengan mengusung ingin keluar dari zona grunge, mereka ingin bersenang-senang dengan musik tanpa batasan genre.
“Jadi awalnya, kita berada dalam satu komunitas musik grunge, namun masing-masing personil memiliki band yang berbeda. Cuman kita pengen keluar dari zona grunge itu sendiri jadi yaudah kita bikin band yang memang tanpa beban saukur seneng seneng hungkul” ujar sang gitaris Set it Off, Putra.

Seperti diketahui dalam gelaran SoundXVoria” yang diusung Amubabdg di District Dago, setidaknya tercatat sebanyak tujuh band multi genre yang turut meramaikan acara tersebut. Band-band tersebut yakni, BetterSuck, Threeluan, Naiysis, Alula, Set it Off, Gloomy, Peacetone. Adapun band Guest Star yakni, Goco Lowdick, SKRNG!, dan Twinkle And Badface.

(Naiysis)

(Alula)

(Set it Off)

(PeaceTone)

(Threeluan)

(Gloomy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *