Olahraga Tidak Memerlukan Peralatan Mahal

Bagi kalian yang pesimis menjaga kebugaran tubuh, aktivitas Komunitas Bandung Street Workout Addict (BARSTARD) bisa jadi rujukan. Karena olahraga ini tidak memerlukan peralatan mahal.

Untuk diketahui, istilah street Workout mengacu pada aktivitas olahraga angkat beban dengan menggunakan beban tubuhnya. Menariknya, selain tak memerlukan peralatan yang mahal, olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, kapanpun sesuai keinginan. Namun apabila ingin tergabung dalam BASTARD, sobat sekalian bisa mengunjungi langsung di kawasan olahraga di Jalan Supratman. Biasanya mereka rutin latihan setiap Senin sampai dengan Jumat pukul 19.00 WIB dan hari Minggu mulai pukul 08.00 WIB.

“Jadi kita ini nama komunitasnya BARSTARD yang artinya Bandung Street Workout Addict, jadi intinya kita anak-anak Bandung yang suka sama aktivitas olahraga angkat beban dengan menggunakan beban tubuh, kaya gerakan dips, pull up.” ujar Rafli, salah seorang perwakilan BASTARD saat ditemui HIPPMI.

Menurutnya, membangun kebiasaan olahraga di usia muda sangat penting. Karena hal tersebut berdampak pada kebugaran dalam beraktivitas. Untuk itu, dia juga mengajak agar kaum muda tetap menyempatkan berolahraga di tengah kesibukan harian.

“Mulai dari usia muda kita harus berolahraga karena takut kerasa susahnya nanti di masa tua mendatang. Jadi mending dari sekarang olahraga biar sehat sampe masa tua nanti.” tambahnya

Merekapun membuka bagi siapapun yang ingin berolahraga tanpa dipungut biaya, cukup datang sesuai jadwal latihannya.

“Buat temen-temen yang mau gabung gausah ribet tinggal dateng aja sesuai jadwalnya. Tidak ada pendaftaran atau biaya sama sekali tinggal dateng aja.” pungkasnya.

Apa Itu Street Workout dan Bagaimana Memulainya

Street workout adalah jenis olahraga yang dilakukan di luar ruangan, terutama di taman atau area terbuka lainnya. Berbeda dengan olahraga gym tradisional, street workout menggunakan berat tubuh sendiri sebagai alat utama untuk melatih kekuatan otot dan kelincahan.

Latihan-latihan dalam street workout melibatkan gerakan-gerakan seperti pull-up, push-up, dip, dan squat. Bagian menarik dari street workout adalah fleksibilitasnya, karena Kamu dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa memerlukan peralatan yang rumit.

Untuk memulai street workout, Kamu dapat mencari taman di sekitar tempat tinggal Kamu yang memiliki fasilitas untuk latihan seperti pull-up bar atau parallel bars. Jika tidak ada fasilitas di taman, Kamu juga dapat menggunakan alat improvisasi seperti tiang atau dinding untuk melakukan latihan.

Mulailah dengan gerakan-gerakan dasar dan tingkatkan intensitas latihan seiring dengan kemajuan Kamu. Dengan street workout, Kamu dapat mengembangkan kekuatan tubuh secara efektif dan menjaga kesehatan Kamu tanpa harus pergi ke gym.

Manfaat Street Workout untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Street Workout bagi kesehatan tubuh sangatlah besar. Pertama, latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan. Melakukan gerakan-gerakan ini secara teratur akan memperkuat otot-otot inti tubuh, lengan, dan kaki.

Kedua, Street Workout juga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan membantu meregangkan otot-otot dan meningkatkan kelenturan tubuh. Ketiga, latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kardiovaskular dan kapasitas paru-paru.

Latihan aerobik yang terlibat dalam Street Workout membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan melakukan Street Workout secara rutin, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Street Workout dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *